Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad ke21

  • Definisi pemasaran : Fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberi nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya (American Marketing Association)
  • Definisi manajemen pemasaran : Seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul

10 Tipe Entitas yg Dipasarkan

  1. Barang 2. Jasa 3. Acara 4. Pengalaman 5. Orang 6. Tempat 7. Properti 8. Organisasi 9. Informasi 10. Ide

Pelaku dalam Pemasaran

  • Pemasar (marketer): Seseorang yang mencari respon – Perhatian, Pembelian , Dukungan – dari pihak lain
  • Prospek : Pemberi respon
  • Pasar: Tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli dan menjual barang

Konsep Inti Pemasaran

  1. Kebutuhan: Syarat hidup dasar manusia
  2. Keinginan: kebutuhan yang diarahkan ke obyek tertentu untuk memuaskan kebutuhan
  3. Permintaan: Keinginan yang didukung kemampuan untuk membayar
  4. Segmentasi: Kegiatan Membagi-bagi pasar kedalam segmen yang berbeda-beda
  5. Pasar sasaran: Memutuskan Segmen mana yang akan dilayani
  6. Positioning: Penawaran pasar yang diposisikan didalam benak konsumen
  7. Penawaran:Serangkaian keuntungan yang ditawarkan marketer kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
  8. Merek: Suatu penawaran dari sumber yang diketahui – semua perusahaan berjuang untuk membangun citra merek yang kuat , disukai dan unik
  9. Nilai: kombinasi kualitas, pelayanan, dan produk (qspquality,service, product)
  10. Kepuasan: penilaian kinerja produk dibandingkan dengan ekspektasi
  11. Saluran Pemasaran: saluran yang digunakan oleh pemasar untuk dapat mencapai pasar sasarannya – Saluran distribusi & saluran layanan
  12. Rantai Pasokan: saluran yang panjang membentang dari bahan mentah hingga komponen sampai produk akhir yang dihantarkan ke pembeli akhir
  13. Persaingan: Mencakup semua penawaran dan produk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing, baik yang aktual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan leh pembeli
  14. Persaingan: Mencakup semua penawaran dan produk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing, baik yang aktual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan leh pembeli

Orientasi Perusahaan Terhadap Pasar

  • Konsep awal pemasaran
  1. Konsep produksi : Efisiensi
  2. Konsep produk : Keunggulan Produk
  3. Konsep penjualan : Agresivitas Penjualan dan Promosi
  4. Konsep pemasaran : Berorientasi pasar
  5. Konsep pemasaran holistik : Perspektif dan Integrasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *