Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad ke21
- Definisi pemasaran : Fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberi nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya (American Marketing Association)
- Definisi manajemen pemasaran : Seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul
10 Tipe Entitas yg Dipasarkan
- Barang 2. Jasa 3. Acara 4. Pengalaman 5. Orang 6. Tempat 7. Properti 8. Organisasi 9. Informasi 10. Ide
Pelaku dalam Pemasaran
- Pemasar (marketer): Seseorang yang mencari respon – Perhatian, Pembelian , Dukungan – dari pihak lain
- Prospek : Pemberi respon
- Pasar: Tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli dan menjual barang
Konsep Inti Pemasaran
- Kebutuhan: Syarat hidup dasar manusia
- Keinginan: kebutuhan yang diarahkan ke obyek tertentu untuk memuaskan kebutuhan
- Permintaan: Keinginan yang didukung kemampuan untuk membayar
- Segmentasi: Kegiatan Membagi-bagi pasar kedalam segmen yang berbeda-beda
- Pasar sasaran: Memutuskan Segmen mana yang akan dilayani
- Positioning: Penawaran pasar yang diposisikan didalam benak konsumen
- Penawaran:Serangkaian keuntungan yang ditawarkan marketer kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
- Merek: Suatu penawaran dari sumber yang diketahui – semua perusahaan berjuang untuk membangun citra merek yang kuat , disukai dan unik
- Nilai: kombinasi kualitas, pelayanan, dan produk (qspquality,service, product)
- Kepuasan: penilaian kinerja produk dibandingkan dengan ekspektasi
- Saluran Pemasaran: saluran yang digunakan oleh pemasar untuk dapat mencapai pasar sasarannya – Saluran distribusi & saluran layanan
- Rantai Pasokan: saluran yang panjang membentang dari bahan mentah hingga komponen sampai produk akhir yang dihantarkan ke pembeli akhir
- Persaingan: Mencakup semua penawaran dan produk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing, baik yang aktual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan leh pembeli
- Persaingan: Mencakup semua penawaran dan produk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing, baik yang aktual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan leh pembeli
Orientasi Perusahaan Terhadap Pasar
- Konsep awal pemasaran
- Konsep produksi : Efisiensi
- Konsep produk : Keunggulan Produk
- Konsep penjualan : Agresivitas Penjualan dan Promosi
- Konsep pemasaran : Berorientasi pasar
- Konsep pemasaran holistik : Perspektif dan Integrasi